Fiqih itu… sulit =)

Malam ini, Ria membaca ulang buku Di Balik Ketajaman Mata Hati (judul asli : Mukasyafatul Qulub), karya Imam Al-Ghazali. Nggak dari awal, sih, Ria langsung membaca bagian puasanya saja. Rencananya, tanggal 8 dan tanggal 9, Ria mau puasa (doakan ya :)), lebih baik dibaca dulu kan, dari pada beribadah tanpa ilmu.

So, membaca hadits yang isinya menyebutkan keutamaan puasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Tergiur sekali setelah membaca keterangannya, begitu Maha Pemurahnya Allah SWT. Kemudian, seperti teman-teman tahu Ria ini suka refleks membuka facebook :p. Ria membaca posting dari sebuah page bahwa puasa Dzulhijjah itu sebaiknya penuh dari awal sampai sebelum lebaran haji. Nah, lo? Bingung kan Ria.. *Ria pembingung :D*

Maka Ria sms-lah sahabat Ria, adik Meme, menanyakan mana yang benar; puasa tanggal 8 sama 9 saja, atau memang penuh dari awal bulan? (Nggak apa-apa, kan, bertanya sama adik, walau lebih muda umurnya, ilmunya kan belum tentu :)). Si Meme pun, ternyata tidak tahu pasti. Maka, Meme pun bertanya pada teman-temannya. Sementara, Ria pun bertanya sama teman-teman yang lain. Duh, kok repot, ya?? SMS berantai.. Se-propinsi sumatra barat sibuk gara-gara Ria.. *lebay* lol

Sebenarnya begini, Ria yakin orang-orang yang Ria tanya tersebut, pernah mendengar keterangannya, tapi karena ini masalah agama, mereka semua nggak mau ngasi keterangan tanpa yakin 100%. SubhanAllah, memang untuk urusan fiqih nggak boleh main-main, ya… 🙂

Karena masih bingung, akhirnya Ria memastikan saja bahwa puasa dari awal bulan Dzuhijjah sampai sebelum lebaran haji itu tidak haram. Jadi, kesimpulan Ria (pada saat itu :)) asalkan niatnya untuk ibadah, insyaAllah boleh. Karena puasa kan bentuk syukur kepada Allah SWT atas semua rahmat-Nya. Cuma beberapa hari, tidak akan menggantikan semua nikmat yang Allah SWT berikan, ya nggak? Pake itung-itungan segala, seandainya Allah SWT mau menghitung mungkin mencium bau surga pun kita belum pantas 😦 Ya Allah, ampunilah kami yang selalu hitung-hitungan untuk ibadah …

Tapi akhirnya Ria mendapat artikel di situs ini. InsyaAllah jelas semuanya. Alhamdulillah 🙂

PS : Oh ya, Me.. Tanggal 1 Dzulhijjah memang tanggal 8 November, bukan kelender me yang salah, kakak yang khilaf. :p

Semoga dikuatkan.. Amin.. 🙂

Advertisements
  1. #1 by rialive on November 26, 2010 - 7:09 am

    and it is an amazing website, mashaAllah..
    Allah bless you for doing a very good thing 🙂

  2. #2 by rialive on November 26, 2010 - 6:39 am

    i visited your website, too..
    it is in turkish.. 😦

  3. #3 by Me on November 12, 2010 - 10:52 am

    Alhamdulillah, mmg kalau masalah fiqih kita nggak boleh asal-asalan tanpa yakin terlebih dahulu.

    • #4 by rialive on November 12, 2010 - 10:55 am

      di artikel tu lengkap me, kl buat yg baik tu gampang aja ketemunya ndak…
      🙂
      coba kl mau cari cara membunuh tanpa jejak, pasti ndak ada..ahahaha 😀

    • #5 by Me on November 12, 2010 - 11:37 am

      ahahahahahahahahahaha…
      tp video porno bantuaknyo mudah nyarinyo k

    • #6 by rialive on November 12, 2010 - 11:43 am

      ahahahha!
      iya kl itu mudah, tp kan komputer tinggal di blok aja privasinya 😀

    • #7 by rialive on November 12, 2010 - 10:58 am

      makanya kita musti banyak baca ndak me…
      tp buku mahal me..
      pustaka kita dah roboh pula 😦

    • #8 by Me on November 12, 2010 - 11:39 am

      🙂 rajin ke pustaka daerah kk? jiiaah..
      iya buku mahal k.. kok gitu ya? 😦

    • #9 by rialive on November 12, 2010 - 11:44 am

      krn pohon lama besarnya lol
      kk gak rajin, cuma alasa aja tu nyo.
      buku pustaka daerah tu se ndak lengkap do 😀

  4. #10 by miki on November 12, 2010 - 4:18 am

    kok situs islamhouse.comnya gak bisa dibuka ya?

    mencerahkan ya >> seandainya Allah SWT mau menghitung mungkin mencium bau surga pun kita belum pantas

    hmmm..

    • #11 by rialive on November 12, 2010 - 8:19 am

      hmmm…
      cerah dong kamu pagi ini 😀
      alhamdulillah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: