Shalat Istikharah

Shalat istikharah adalah solat untuk memohon tuntunan. Shalat ini sangat dianjurkan kepada umat muslim ketika dihadapkan pada pilihan yang meragukan, atau di saat akan mengambil keputusan yang sulit. Ini dimaksudkan untuk memohon tuntunan Allah subhana wa taala mengenai hal apapun dalam kehidupan kita, terutama disaat kita harus memilih keputusan dari beberapa alternatif yang tersedia.

Hal ini penting untuk dilakukan karena Allah subhana wa taala paling mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Dan hanya Allah subhana wa taala yang tahu petaka apa yang menanti kita dikemudian hari saat kita hanya bergantung pada kecerdasan kita yang terbatas ini. Jadi, disaat kita ingin menikahi seseorang, mengambil pekerjaan tertentu, melanjutkan pendidikan, dll, kita memang sebenarnya perlu untuk memohon tuntunan Allah subhana wa taala.

Rasulullah salallahu alaihi wasalam bersabda :

“Apabila salah seorang diantara kalian berhasrat melakukan satu urusan, maka hendaklah ia mengerjakan sholat dua rakaat di luar sholat fardlu, kemudian ucapkanlah:

Artinya:

Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmuMu, aku mohon kekuatan kepadaMu dengan kemahakuasaanMu, aku memohonMu dari karuniaMu yang besar. Sesungguhnya Engkau kuasa sementara aku tidak kuasa. Engkau mengetahui sementara aku tidak mengetahui, dan engkau maha mengetahui perkara-perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila engkau tahu bahwa *(perkara ini) baik bagiku dalam urusan agamaku dan kehidupanku serta baik pula akibatnya terhadap diriku di dunia dan akherat maka tetapkanlah dan mudahkanlah untukku. Sebaliknya jika Engkau tahu bahwa *(perkara ini) buruk bagiku dalam urusan agamaku dan kehidupanku serta buruk pula akibatnya terhadap diriku baik di dunia maupun akherat maka jauhkanlah perkara ini dariku dan jauhkanlah diriku darinya. Tetapkanlah kebaikan untukku dimanapun aku berada, kemudian jadikanlah diriku ridla menerimanya.

Catatan :
Ketika mengucapkan doa ini, permasalahan yang sebenarnya disebutkan menggantikan hadzal amra (perkara ini)

Ada beberapa cara yang disebutkan tentang jalan diberikannya tuntunan :
1. tuntunan melalui mimpi
2. tuntunan melalui firasat
3. tuntunan melalui ketetapan hati
4. tuntunan melalui dijauhkannya dari pilihan buruk dan didekatkan dengan yang lebih baik.

Juga disebutkan bahwa tidak ada batasan untuk mengulang doa ini, serta Imam Nawawi juga pernah menyebutkan:
“Sesudah istikharah haruslah mengerjakan apa yang dirasa lebih baik untuk diri dan hendaknya bebas benar-benar dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai lebih mengutamakan sesuatu yang dirasakan baik pada waktu sebelum beristikharah, sebab kalau demikian, maka sama halnya dengan tidak beristikharah kepada Allah atau kurang penyerahan terhadap pengetahuan serta kekuasaan Allah. Kesungguhan hati dalam memohon pilihan Allah, artinya seseorang harus meninggalkan sepenuhnya apa yang dihasratkannya.”

Note : Shalat ini tidak menuntut dilakukannya shalat khusus untuk beristikharah. Yang penting doanya dibaca diluar shalat fardhu. Jadi seandainya, walaupun tidak ada niat untuk istikharah, namun kemudian seseorang teringat bahwa dia punya kebimbangan, dan dia membaca doa istikharah tersebut, maka itu sudah mencukupi.

Wallahu’alam bishawab..

Advertisements
  1. #1 by 8a on February 14, 2011 - 2:38 pm

    assalamualaikum wr wb ..
    i want to ask one question :
    if we are feeling sad,stressed what’s prayer does we should do ?
    and how the way we’re doing it ? please answer our question qyickly .. thankyou
    wassalamualai’kum wr wb 🙂

    • #2 by rialive on February 14, 2011 - 8:46 pm

      Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh

      First of all, I am not an expert on religious matters, but I will answer your question as my limited knowledge.
      Bismillah,
      the best time to release our stress and sadness to Allah subhana wa taala is at the tahajjud prayer. It is not difficult, just put an alarm at probably 3am, and take wudu properly, and make 2 units (rakaah) of prayer.
      The reason why, it is the best time, it’s because we are alone with Allah, and Allah had promised in one hadith that He is shy not to answer the tahajud prayer.
      The prayer is just like regular prayer, and it’s easier to concentrate and make dua because it is quieter.
      You can read any surah you want,you can even read one surah over and over and over after Al Faatiha.

      And please also consult the expert scholars about this, and if i can suggest you a lecture, please watch a video on youtube, called “Trials and tribulations” by Navaid Aziz.

      Allah knows best.

      May Allah make everything easy for you, and release you from stress and sadness. Amin.
      be strong =)

    • #3 by 8a on February 15, 2011 - 2:40 pm

      ok thank you so much for your reply
      and how the way if we want to do istikharah prayer ?
      trima kasih …

    • #4 by rialive on February 15, 2011 - 8:19 pm

      Oh you speak Indonesia?
      Ahhh, artikelnya yg bahasa Indonesia.. Saya kira kmrn yg bhs inggrisnya =)
      Penjelasan ttg tahajud ada yg gak mengerti? atau perlu diulangi? Dengan senang hati akan saya jelaskan lagi semampu saya bila belum mengerti..

      Ttg cara shalat istikharah.
      Sebenarnya, yg penting adalah do’anya. Sudah dibuat diatas, bagusnya dihafal bahasa arabnya, dan dipahami artinya, tp insyaAllah bahasa Indonesia pun, tak apa.
      nah, doa ini, dibaca sesudah solat selain salat wajib.
      Salat wajib : 5 waktu, atau shalat yg telah dinazarkan. (cth, dulu sudah pernah nazar utk salat tahajud 2 rakaat kalau lulus ujian, berarti salat yg dinazarkan adalah salat wajib, krn udah berjanji pada Allah)
      Doanya boleh dibaca sesudah salat sunat apapun.
      Shalat sunat yg sesudahnya dibaca doa istikharah disebut salat istikarah.

      Begitu menurut pemahaman saya. Allah yang lebih mengetahui.

      Bila saudara/i 8a menemukan hadits yang berlawanan dengan keterangan saya, silahkan abaikan keterangan saya.

      Selamat mencoba =)

    • #5 by 8a on February 16, 2011 - 3:36 pm

      ok thank you ,, klo yg penjelasan bingx ttg sholat tahajjud udah paham .. hehe
      ooo, tak kira shalat istikharah itu gimana ? ternyata doax di baca after we’e doing obligatory prayers .. thanks kaka’ .. so, now i became know abaout istikharah prayers ..
      I’ll try to do it after I do obligatory prayers .. but, it’s too hard to memorize the invocation !! do you have a solution to be more fast memorize the invocation ??

    • #6 by rialive on February 16, 2011 - 8:45 pm

      jgn sehabis obligatory prayer, tp sehabis salat selain obligatory.
      (obligatory = wajib)
      kl kemampuan menghafal itu kan masing-masing orang, bahasa indonesia pun gak apa-apa,kok.. 😀
      tips menghafal, nggak bs sharing krn saya lemah pula dalam menghafal 😀
      insyaAllah lbh baik berdoa dlm bahasa indonesia tetapi faham, dibanding berbahasa arab tp gak paham 🙂

      wallahu alam

    • #7 by 8a on February 17, 2011 - 1:39 pm

      oalah beguitu ., okelah .. 😀
      tak nyoba .. haha nggae boso indo luwih apik asal faham … hehe .. matur nuwun ..

  2. #8 by mecantik on December 4, 2010 - 7:06 pm

    me perlu istikharah ya k…

    • #9 by rialive on December 4, 2010 - 8:03 pm

      kita semua perlu,me.. 🙂

  3. #10 by rialive on December 2, 2010 - 7:54 am

    mgkn untuk hal2 kecil kita gak musti istikharah.
    lagipula istikharah tidak utk memilih antara yg wajib dari yg sunah atau mubah.
    tingkatan amalan kan udah ada.
    nah utk hal2 yg sejajar, seperti memilih membeli mobil (bisa kan?), shalat istikharah sangat penting utk dikerjakan karena pilihan kita cenderung subjektif dan terkadang nafsu-istik. Sehingga pada akhirnya kita sering kecewa dan setress, manusia kan kdg membeci sesuatu yg baik dan menyukai yg buruk (Al-Baqarah : 216).

    tulisan ini belum langkok… ria lengkapi lah lagi 😀

  4. #11 by miki on December 2, 2010 - 6:54 am

    pernah juga waktu di brunei, ada yg bilang bahkan utk halkecil pun kita harus meminta petunjuk..
    repot dong ree.. *menghelanapaspanjang.com*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: